Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas
3 Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Kelas / Semester :
III ( Tiga ) / 1 ( Satu )
Tema : LINGKUNGAN
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tema : LINGKUNGAN
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
PKN : Melaksanakan norma
yang berlaku di masyarakat
BAHASA INDONESIA :
Ø
Berbicara
Ø
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/saran
Ø
Membaca
Ø
Memahami
teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
ILMU PENGETAHUAN ALAM : Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
B.
Kompetensi Dasar
PKN :Menyebutkan
contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
BAHASA INDONESIA :
Ø
Berbicara
Ø
Menjelaskan
urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
Ø
Membaca
Ø
Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
ILMU PENGETAHUAN ALAM :Membedakan ciri-ciri lingkungan
sehat dan tidak sehat berdasarkan pengamatan sekitar
C.
Indikator
PKN
Menyebutkan
contoh aturan yang berlaku di lingkungan sekolah
BAHASA INDONESIA
1. Menyusun
jadwal kegiatan sehari-hari
2. Menemukan
ide pokok dari bacaan sederhana
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
1. Mengidentifikasi
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
2. Menyebutkan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
D.
Tujuan Pembelajaran
PKN
Melalui
diskusi, siswa dapat menyebutkan contoh aturan yang berlaku di lingkungan
sekolah dengan benar
BAHASA
INDONESIA
1. Setelah
memperhatikan gambar, siswa dapat menyusun jadwal kegiatan sehari-hari dengan
tepat
2. Melalui
kegiatan membaca nyaring, siswa dapat menemukan ide pokok dari bacaan sederhana
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
1. Setelah
memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat
2. Melalui
diskusi, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan
tidak sehat
E.
Materi Ajar
PKN
Aturan di lingkungan masyarakat sekitar
khususnya sekolah (terlampir)
BAHASA INDONESIA
Kerjabakti di lingkungan sekolah dan jadwal
kegiatan sehari-hari (terlampir)
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
(terlampir)
F.
Model, Metode, Media dan Sumber Pembelajaran
A. Model
: Pembelajaran Cooperative tipe The Power of Two
B. Metode
: Diskusi,Tanya jawab,Informatif,Penugasan
C. Media
: Gambar
D. Sumber :
Ø Buku
PKN untuk SD/MI kelas III
Ø Buku
Bahasa Indonesia untuk SD/MI kelas III
Ø Buku
Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas III
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pra kegiatan
1. Salam
2. Doa
3. Presensi
4. Pengkondisian
kelas
5. Kegiatan
awal
a. Guru
menyiapkan media pembelajaran dan memberi motivasi
b. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dengan
tema kesehatan
c. Guru
melakukan apersepsi:
§
Menyanyikan lagu “Si Nyamuk Nakal”
§
Siapa yang rumahnya bersih?
§
Apa yang kalian rasakan jika rumah kalian
bersih?
Kegiatan inti :
Eksplorasi
1. Guru
memberikan dua buah gambar lingkungan
2. Siswa
membandingkan gambar lingkungan sehat dan tidak sehat kemudian menyebutkan ciri
masing-masing gambar
Elaborasi
1. Siswa
diorganisasikan dalam kelompok kecil yang terdiri dari dua orang
2. Siswa
secara berpasangan menyebutkan contoh aturan yang berlaku di lingkungan sekolah
3. Siswa
secara berpasangan mengamati gambar dan mengurutkan aktivitas sehari-hari,
kemudian maju ke depan untuk mempresentasikannya
4. Siswa
membaca nyaring sebuah bacaan kemudian secara berpasangan berdiskusi menemukan
ide pokok
Konfirmasi
1. Guru
memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan
2. Guru
memberikan pujian terhadap jalannya kegiatan pembelajaran
3. Guru
memberikan bintang prestasi kepada siswa yang aktif dalam kegiatan bercerita
pengalaman yang mengesankan
4. Kegiatan
akhir
A. Siswa
bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
B. Guru
memberikan evaluasi pada siswa
C. Guru
memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa
D. Guru
memberi tugas kepada siswa untuk evaluasi
E. Guru
menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H.
Penilaian
Prosedur Tes :
Tes awal
: tidak ada
Tes proses : ada
berupa lembar pengamatan (terlampir)
Tes akhir
: ada berupa soal evaluasi
(terlampir)
1. Jenis
Tes : Perbuatan, lisan, tertulis
2. Alat
Tes : Lembar soal, lembar pengamatan
Tangerang, 24 September 2011
Guru
Kelas Kepala Sekolah
..............................................
................................................
Terimakasih kakak rpp nya sangat membantu tingkatkan
BalasHapus