RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan
: SD ........................
Kelas/Semester
: I /
I
Tema
: 3.
Kegiatanku
Sub
Tema
: 3.3 Kegiatan Sore Hari
Materi
Pokok
: Ukuran tinggi rendah benda
Pembelajaran
: 2 (Dua)
Alokasi
Waktu
: 4 x 35 meneit
Hari/
Tanggal
:
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan
benda-benda di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan perilaku anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak dan beraklak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
MAPEL
|
K1
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
SBDP
|
K1
|
1.1. Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
|
-
|
K2
|
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam
mengolah karya seni
|
-
|
|
K3
|
-
|
-
|
|
K4
|
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami
lagu.
|
Bernyanyi dan mence-ritakan isi lagu
|
|
B.
IND
|
K1
|
1.2
Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa
yang beragamserta benda-benda di alam sekitar
|
-
|
K2
|
2.3
Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
-
|
|
K3
|
-
|
-
|
|
K4
|
4.4 Menyampaikan
teks cerita diri /personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
|
o Menceritakan kembali isi teks dengan bahasa sendiri
o Mempraktekkan teks dialog
|
|
MTK
|
K1
|
-
|
-
|
K2
|
2.2
Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar
ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau
urutan kelompok terkecil sampai terbesar
|
||
K3
|
3.11 Menentukan
urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya badan, dan
urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya.
|
o Membedakan tinggi dan rendah
o Mengurutkan benda dari yang paling tinggi sampai yang terendah.
|
|
K4
|
-
|
-
|
C. TUJUAN
o Setelah membaca nyaring, dan berdiskusi, siswa dapat mempraktekkan dialog
dengan berani dan lancar.
o Dengan kegiatan bernyanyi siswa dapat menyanyikan lagu layang-layang sesuai
dengan irama.
o Dengan berdiskusi tentang isi lagu siswa dapat memahami isi lagu dengan
tepat.
o Dengan mengamati gambar siswa dapat membedakan tinggi rendah dan
mengurutkan dari yang tertinggi hingga yang terendah.
D. MATERI PEMBELAJARAN
SBDP
Menyanyi lagu
“Layang-Layang”
BAHASA
INDONESIA
Mempraktikkan dialog
MATEMATIKA
Membandingkan tinggi rendah
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan
: Saintifik
Strategi
: Cooperative Learning
Metode
: Tanya jawab, Diskusi, Bermain
Peran.
F.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
: Buku siswa, Benda-benda di Kelas
2. Alat / Bahan
: Gitar, Gambar layang-layang, Teks lagu
Layang-layang,
Teks dialog
3. Sumber Belajar : Buku
Siswa halaman 60 – 63 Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Untuk SD Kelas 1
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
I
|
Pendahuluan
1. Berdoa
2. Absensi
3. Mengajak menyanyi lagu ”Layang-Layang”
4. Menginformasikan tema
“Kegiatanku” Sub Tema “Kegiatan Sore Hari”
5. Menyampaikan
tujuan pembelajaran secara umum
|
10
Menit
|
II
|
Kegiatan
Inti
Mempraktekkan Dialog
1. Siswa menyebutkan beberapa
kegiatan yang biasa mereka lakukan pada sore hari.
2. Guru membacakan dialog di
buku siswa.
3. Siswa menirukan dengan
nyaring.
4. Siswa menyimak dialog yang
dibacakan guru.
5. Siswa dan guru mendiskusikan
isi dialog.
6. Guru membacakan kembali
dialog dan siswa menirukan.
7. Siswa berlatih membaca
dialog secara berpasangan.
8. Siswa boleh membuat dialog
sendiri tentang kegiatan sore hari
9. Siswa mempraktekkan dialog
di depan kelas.
Menyanyikan
Lagu Layang-Layang
1. Siswa berbagi pengalaman
tentang permainan yang bisa dilakukan pada sore hari.
2. Guru menyampaikan
bahwa bermain layang- layang.
3. Guru menyanyikan lagu
layang-layang.
4. Siswa mengikutinya dan berlatih
hingga lancar.
5. Siswa dan guru berdiskusi
tentang isi lagu layang-layang.
6. Siswa menyanyikan lagu
layang-layang.
Membandingkan
Tinggi Rendah.
1. Guru menyampaikan pada siswa
akan belajar tentang tinggi rendah.
2. Guru mengulas kembali konsep
tinggi rendah
3. Siswa membandingkan tinggi
rendah letak benda-benda yang ada di kelas
4. Siswa mengamati gambar
anak-anak bermain layang-layang.
5. Siswa membandingkan dan
mengurutkan layang-layang mulai dari yang tertinggi hingga terendah.
6. Siswa mengerjakan latihan di
buku siswa.
|
95
Menit
|
III
|
Penutup
1. Bersama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan tanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian hasil
belajar.
4. Berdoa.
|
15
Menit
|
H.
PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan intrumen penilaian
hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
- Penilaian Kinerja
- Penilaian dalam mempraktekkan
dialog.
- Penguasaan lagu dan pemahaman
lagu.
b. Penilaian Hasil Belajar
c. Pedoman
penskoran
Mengetahui
Gondfangrejo ,............................
Kepala Sekolah
Guru Kelas 1
........................................ ................................................
LAMPIRAN MATERI
(Buku Siswa hal 60-63)
LAMPIRAN PENILAIAN
A. OBSERVASI
No
|
Nama
|
Sikap Yang Diobservasi
|
Deskrepsi
|
|||
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
Kejujuran
|
Hasil
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
8
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
dst
|
Rubrik
Observasi
No
|
Kriteria
|
Sangat
baik
|
baik
|
cukup
|
Kurang
|
1
|
Disiplin
|
Setiap
masuk tidak pernah terlambat
|
Kadang-2
terlambat
|
Sering
terlambat
|
Selelu
terlambat
|
2
|
Tanggungjawab
|
Melaksanakan
tugas selalu tepat waktu
|
Kadang-2
tidak tepat waktu
|
Sering
tidak tepat waktu
|
Selalu
tidak tepat waktu
|
3
|
Kejujuran
|
Tidak
pernah menyontek
|
Kadang-2
menyontek
|
Sering
menyontek
|
Selalu
menyontek
|
Keterangan:
SB = Sangat Baik
(
81-100 )
B = Baik
( 66 - 80 )
C =
Cukup
( 51 – 65 )
K = Kurang
( 0 - 50 )
B. Penilaian Unjuk Kerja (
Bahasa Indonesia )
i. Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
|
Kriteria
|
Diskripsi
|
||
Percaya Diri
|
Penguasaan Dialog
|
Hasil
|
|||
1.
|
Dewi
|
||||
2.
|
Endah
|
||||
3.
|
Udin
|
||||
4.
|
Amin
|
||||
5.
|
Untari
|
||||
6
|
Dst
|
Rubrik Melakukan Dialog
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
1.
|
Percaya diri
|
Tidak terlihat ragu-ragu
|
Terlihat ragu-ragu
|
Memerlukan bantuan guru
|
Belum terlihat kepercayaan
guru
|
2.
|
Penguasaan dialog
|
Dialog diucapkan dengan
lancar dan tepat secara mandiri
|
Dialog diucapkan dengan
lancar tetapi kurang tepat
|
Dialog diucapkan dengan
lancar dan tepat atas bantuan guru atau teman
|
Belum mampu dialog
|
C. Penilaian Unjuk Kerja (
SBDP )
No
|
NAMA
|
KRITERIA
|
Deskripsi
|
||
Penguasaan Diri
|
Pemahaman Lagu
|
Hasil
|
|||
1.
|
Dewi
|
||||
2.
|
Endah
|
||||
3.
|
Udin
|
||||
4.
|
Amin
|
||||
5.
|
Untari
|
||||
6
|
Dst
|
Rubrik Menyanyikan dan
Menceritakan isi Lagu
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
1.
|
Penguasaan Diri
|
Hafal seluruh syair
lagu,irama tepat
|
Hafal syair lagu,irama
kurang tepat atau sebaliknya
|
Hafal sebagian kecil syair
lagu
|
Siswa belum mampu menghafal
syair lagu.
|
2.
|
Pemahaman lagu
|
Siswa mampu menceritakan isi
lagu dan menghubungkan dengan kegiatan sore hari
|
Siswa mampu menceritakan isi
lagu
|
Siswa menceritakan isi pada
satu bait lagu
|
Siswa belum mampu
menceritakan isi lagu
|
Keterangan
Skor :
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat
Baik
Nilai =
PENILAIAN DIRI ANAK
NO
|
PERNYATAAN
( ASPEK YANG DINILAI )
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya dapat mandi sore hari
jam 16.00
|
||
2
|
Saya dapat berpakaian
rapi
|
||
3
|
Saya dapat bermain layang –
layang
|
||
4
|
Saya dapat menirukan dialog
tentang bermain layang – layang
|
||
5
|
Saya dapat mendiskusikan isi
dialog bermain layang – layang
|
||
6
|
Saya dapat menirukan dialog
bermain layang – layang
|
||
7
|
Saya dapat melakukan dialog
bermain layang – layang secara berpasangan
|
||
8
|
Saya dapat membuat dialog
tentang bermain sepak bola disore hari
|
||
9
|
Siswa dapat mempraktekan
dialog bermain sepak bola didepan kelas
|
D. Soal Kognitif ( Matematika
1.
Ada sebuah pensil dan sebuah penghapus yang masih baru . Lebih panjang mana
diantara benda
tersebut ?
2.
Lebih tinggi mana antara tiang bendera dengan kursi belajar ?
3.
Sebuah tongkat dengan panjang 2 meter dan
Assalamualaikum, Hai Dianna.
BalasHapusRPP yang kamu buat sudah baik, tetapi akan lebih baik jika dalam indikator lebih dilengkapkan lagi dalam menerapkan K1,K2,dan K3 dalam pembahasan indikator karena dari yang saya lihat hanya penjabaran K4 saja yang dijabarkan lebih banyak. Dalam UU Permendikbud No 22 Tahun 2016 kompetensi inti akan selalu berkaitan dengan KD dan Indikator. Semoga dapat menyempurnakan RPP kamu dan dapat menjadi inspirasi oleh guru-guru di Indonesia dalam terampil membuat RPP sehingga kelas akan menjadi menyenangkan. TerimaKasih.
Assalamualaikum, Hai Dianna.
BalasHapusRPP yang kamu buat sudah baik, tetapi akan lebih baik jika dalam indikator lebih dilengkapkan lagi dalam menerapkan K1,K2,dan K3 dalam pembahasan indikator karena dari yang saya lihat hanya penjabaran K4 saja yang dijabarkan lebih banyak. Dalam UU Permendikbud No 22 Tahun 2016 kompetensi inti akan selalu berkaitan dengan KD dan Indikator. Semoga dapat menyempurnakan RPP kamu dan dapat menjadi inspirasi oleh guru-guru di Indonesia dalam terampil membuat RPP sehingga kelas akan menjadi menyenangkan. TerimaKasih.